Rabu, 31 Agustus 2011

Jalur Alternatif Mudik Lebaran Tahun 2011

Assalamu'alaikum semuanya. Sebelumnya saya ucapkan Minal Aidin Walfaidzin, mohon maaf lahir bathin, pabila ada kesalahan yang saya perbuat. Untuk postingan kali ini saya ingin membantu Bapak/Ibu/ Saudara yang ingin kembali ke tempatnya masing-masing setelah selesai berlebaran di kampung halaman dengan memilih Jalur Alternatif Mudik Lebaran Tahun 2011. Ini Khusus buat yang dari arah Jawa Tengah, Jawa Timur, Banjar, Ciamis, Tasikmalaya  menuju Bandung /Jakarta lewat jalur selatan. 
Seperti kita ketahui setiap habis lebaran, kendala yang paling utama ketika kita kembali ke tempat masing-masing adalah kemacetan. Wajarlah..... setahun sekali ini. Tapi kalau macetnya sampai berjam-jam, bahkan sampai seharian tentu akan menguras tenaga, materi bahkan kesabaran kita. Titik-titik kemacetan dari arah Tasikmalaya menuju Bandung dan Jakarta biasanya terletak di dua tempat, yakni tanjakan Gentong dan Tanjakan Nagreg. Dan yang sering macet parah ya di Nagreg itu. Tapi sekarang mungkin agak mendingan setelah dibukanya jalan Lingkar Nagreg. Walaupun demikian, bukan berarti Nagreg bebas dari kemacetan. Bahkan kalau misalnya Nagreg macet total, maka pihak kepolisian akan mengalihkan sebagian kendaraan yang akan melewati Nagreg ke arah Wado/Sumedang/Bandung. Bagi yang biasa mungkin tidak jadi masalah, tapi yang baru pertama kali, jadi masalah besar.
Nah kali ini saya akan menunjukkan arah jalan alternatif apabila Nagreg benar-benar ditutup. Perhatikan Gambar di bawah ini :
Jalur Alternatif Mudik Lebaran Tahun 2011

Pertama, ketika sudah sampai di kota Malangbong, perhatikan apakah petugas kepolisian masih mengijinkan anda belok kiri alias ke Nagreg? Kalau masih, berarti Nagreg fine-fine saja. Tapi kalau anda diwajibkan untuk terus lurus, berarti anda dialihkan ke jalan alternatif. Ikuti saja terus. Kurang lebih 15 km anda akan sampai di kec. Wado. Tanyakan arah menuju Sumedang. Dari Malangbong jaraknya kurang lebih 48 km. Jangan khawatir, jalannya bagus. Setelah sampai Sumedang kota, belok kiri, tanyakan arah menuju Bandung. Setelah itu anda akan melalui jalan yang menanjak dan berliku-liku, nama daerahnya Cadas Pangeran. Hati-hati, beberapa waktu yang lalu jalannya bergelombang dan rawan longsor. Setelah anda sukses melewati daerah tersebut, ada dua daerah yang merupakan pangkal kemacetan, Tanjung Sari dan Jatinangor. Kalau anda melewati daerah tersebut, selamat, anda akan memcaci maki habis-habisan tulisan ini. Oleh sebab itu sebelum anda sampai di daerah Tanjung Sari, ada jalan kecil ke arah kiri yang menuju Parakan Muncang Rancaekek. Atau yang lebih dikenal dengan jalan PT TBM. Tanyakan saja. Saya lupa nama daerahnya, tapi yang jelas sebelum pom bensin. Jalannya bagus, tapi agak kecil. Jadi harus hati hati. Maka anda akan keluar di jalan By Pass Parakan Muncang, putar sebentar, wusssss...... dalam 10 menit anda akan sampai di pintu tol Cipularang. O ya.... buat bapak/ibu yang menuju Jakarta, ada dua Jalur Alternatif Mudik Lebaran Tahun 2011 yang bisa digunakan. Pertama yang telah saya jelaskan tadi, yang kedua, dari Sumedang ke Subang-Purwakarta-Cikampek-Jakarta.

Artikel Yang Berhubungan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar