Selasa, 02 Agustus 2011

Mengatasi sendiri komputer yag tidak nyala

Mengatasi sendiri komputer yag tidak tidak nyala

Pernahkah anda suatu waktu sangat butuh sekali komputer? Pekerjaan menumpuk dan harus diselesaikan saat itu juga. Tapi pas anda menyalakan komputer, ternyata tidak mau nyala, padahal cpu kita sudah nyala. Tentu anda pusing setengah mati. Nah sebelum komputer dibawa ke tukang service, ada baiknya anda mencoba mengatasinya sendiri. Siapa tahu, kendalanya tidak terlalu parah.
Pada dasarnya ada beberapa hal yang menyebabkan monitor tidak menyala. Diantaranya adalah : monitornya sendiri yang memang rusak, ada beberapa elemen yang terpasang pada motherboard tidak terpasang dengan baik, kalau anda menggunakan VGA yang ditambahkan, bisa jadi vga rusak atau kotor, memory rusak atau kotor, power suply rusak dan yang terakhir motherboard rusak.
Mari kita coba mengatasinya satu persatu. Pertama cabut kabel VGA yang menghubungkan antara monitor dan cpu.

Sekarang nyalakan monitor anda. Coba perhatikan. Biasanya akan muncul tulisan " No Signal". Kalau muncul tulisan tersebut berarti monitor anda baik-baik saja. Sekarang pasang lagi kabel vga pada cpu
Langkah kedua adalah memeriksa isi cpu anda. Buka baut cpu dan perhatikan isinya. Yang utama ada motherboard, power suply, cd/dvd room, hard disk, dan serangkaian kabel.



Pada motherboard terpasang beberapa komponen yang sangat penting, diantaranya adalah prosesor, slot memory, slot vga, dan sebagainya. Yang akan kita lakukan adalah mencoba untuk mengamati komponen-komponen tersebut, siapa tahu, hanya longgar atau kotor. Lagkah pertama lihat slot memory dan slot vga (yang menambahkab vga). Apakah pas didalam slot masing-masing atau ada yang longgar. Salah satu longgar otomatis layar monitor tidak akan nyala, walaupun cpu nyala..

Langkah kedua, copot masing masing komponen dari slotnya





Perhatikan masing masing lempengan kuningannya. Biasanya memory atau vga yang sudah lama dipakai lempengan kuningannya akan terkena jamur dan warnanya akan semakin pudar dan agak tua. Hal tersebut mengakibatkan komponen tersebut tidak bisa induksi dengan motherboard. Tindakan yang diperlukan hanyalah membersihkan lempengan tersebut menggunakan kertas atau penghapus potlot, sampai warnanya kembali cerah dan mengkilap. Pasangkan lagi kedua komponen tersebut. Lalu kita coba menyalakan komputer lagi. Pada beberapa kasus trik ini bisa dipakai, seandainya komponen-komponen tersebut memang masih bagus.
Kalau masih juga belum menyala, coba perhatikan cd/dvd room waktu kita menekan tombol power. Apakah lampunya menyala, kemudian kita eject, apakah bisa keluar. Kalau kipas prosesor jalan, tetapi cd/dvd room tidak nyala atau tidak mau keluar, maka kemungkinan besar kerusakan ada pada power suply.
Dan yang terakhir, penyebab tidak mau nyalanya monitor adalah kerusakan pada motherboard itu sendiri. Yang ini tentu harus diatasi oleh ahlinya. Karena sangat banyak faktor yang menimbulkan tidak nyalanya komputer kita. Bisa dari chipset, komponen electro lainnya atau bahkan dari prosesor. Oleh sebab itu sudah saatnya anda membawa komputer anda ke tukang servis. Tapi minimal anda tahu apa yang harus diganti. Mudah-mudahan bermanfaat.

Artikel Yang Berhubungan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar